Kamis, 28 Maret 2013

Fitur-fitur Smartphone Blackberry Dan Smartphone Lainnya

Dalam bahasa Indonesia smartphone biasa disebut dengan telepon pintar atau seluler pintar, tetapi tidak terdapat definisi yang tepat untuk kata ini. Walau demikian, dari sisi kegunaan dan desainnya bisa terlihat kalau smartphone berbeda dengan telepon seluler biasa yang dulu kita gunakan. Selain dapat digunakan untuk menelpon, dengan smartphone, pengguna dapat mengirim dan membaca e-mail dengan leluasa, dan smartphone juga familiar dengan dokumen-dokumen seperti word, excel, pdf dan lain-lain.

Sekarang ini di pasaran telepon seluler, sudah banyak sekali merek dan tipe smartphone yang beredar. Untuk dapat tetap bertahan di pasaran, produsen pun saling bersaing harga dan fitur-fitur dari smartphone pun menjadi lebih bervariasi dan canggih. Kehadiran smartphone tidak lagi semata-mata hanya untuk bekerja tetapi telah merambah ke lifestyle. Salah satu produsen smartphone yang produknya belakangan ini sangat digemari oleh pencinta gadged di seluruh dunia, termasuk Indonesia, adalah Research In Motion, dengan produk kebanggaannya BlackBerry. Pengguna BlackBerry Indonesia dapat dikatakan sebagai pengguna terbanyak di Asia.

Fitur-fitur apa saja yang membuat smartphone BlackBerry dan smartphone lainnya berbeda dari telepon seluler biasa dan sangat digemari oleh banyak kalangan?

Touch screen: dengan teknologi ini pengguna tidak memerlukan keypad untuk menulis pesan atau menelpon, cukup hanya dengan menyentuhkan jari pada layar smartphone. Teknologi ini sangat identik dengan Iphone sebagai smartphone touch screen paling populer di dunia. Bagaimana dengan produk BlackBerry? Untuk tetap bersaing di pasaran, BlackBerry juga meluncurkan handset touch screen-nya yang dinamakan BlackBerry Storm. Hanya saja touch screen disini agak sedikit berbeda, BlackBerry Storm menggunakan teknologi touch screen sure press. Pengguna bukan hanya menyentuhkan jari pada layar tetapi harus agak ditekan, jadi touch screen sure press tidak sesensitif touch screen biasa.

Operating system (OS): sekarang ini setiap telepon seluler standar pun memiliki operating sistemnya masing-masing untuk mengoperasikan aplikasinya. Untuk smartphone, operating system yang digunakan pastinya lebih canggih dari telepon seluler biasa. OS yang terpasang pada smartphone memungkinkan penggunanya untuk mengunduh dokumen resmi langsung dari handset. BlackBerry juga memiliki operating systemnya sendiri dan saat ini operating system terbarunya adalah BlackBerry OS 5.0.

Wi-fi: teknologi dengan nama panjang wireless fidelity ini memungkinkan pengguna smartphone untuk terhubung dengan internet tanpa menggunakan kabel penghubung internet. Dengan fitur ini pengguna smartphone dapat browsing internet dengan leluasa. Smartphone BlackBerry juga dilengkapi dengan fitur ini, tetapi untuk koneksinya ke internet pengguna BlackBerry harus menggunakan layanan BlackBerry Internet Service untuk pengguna perorangan dan perusahaan berskala kecil, atau BlackBerry Enterprise Service untuk perusahaan berskala menengah keatas.

GPRS: dengan menggunakan teknologi GPRS (General Packet Radio Service), pengguna dapat dengan optimal menggunakan fasilitas google dan peta sebagai penunjuk jalan pada saat bepergian. Fasilitas ini sudah jarang dipakai sekarang ini, sebagian besar smartphone termasuk BlackBerry telah menggunakan teknologi GPS (General Positioning System) sebagai penunjuk jalan. Untuk BlackBerry, selain GPS, handset tersebut masih dilengkapi dengan BlackBerry Map.

Keempat fitur yang telah disebut di atas merupakan fitur- fitur yang paling penting dan identik dengan smartphone. Tetapi sejalan dengan teknologi yang semakin canggih, banyak smartphone yang sekarang sudah dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih seperti 3G. handset BlackBerry yang telah dilengkapi dengan fasilitas 3G adalah BlackBerry Bold 9000 dan penerusnya Bold 9700. Fitur-fitur yang semakin canggih menjadikan smartphone BlackBerry dan smartphone lainnya menjadi sebuah gadged yang tidak dapat terlepas dari kehidupan kita sehari-hari.


Read more: http://www.articlesnatch.com/Article/Fitur-fitur--Smartphone-Blackberry-Dan-Smartphone-Lainnya/1053646#ixzz2LsAfrmcR 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar